Pages

Adu Kuat Emas Lawan Dollar AS

Pergerakan harga emas masih sulit untuk diprediksi. Sebagian pelaku pasar dan analis memperkirakan bahwa emas mungkin akan berada di bawah level 1.500 dollar AS per troy ounce atau 31,1 gram, terkait lemahnya permintaan akibat krisis Eropa. Euro yang saat ini terus mengalami tekanan akibat krisis utang Eropa yang terus berkepanjangan membuat rival utamanya, dollar AS, banyak mengalami penguatan.

Walau sempat menguat, saat ini euro kembali melemah setelah aksi jual menekan mata uang tunggal Eropa tersebut. Bersamaan dengan itu, emas kembali dalam tekanan terkait penguatan dollar AS, dengan kondisi bahwa emas sempat menyentuh level 1,567 dollar AS, di bawah level 1.600 dollar AS per troy ounce, menjelang tutup tahun ini.
"Tekanan permintaan untuk emas juga mungkin akan datang karena aksi jual oleh investor menjelang tutup tahun akibat aksi spending atau likuidasi bagi sebagian kalangan investor," kata analis Monex Investindo Futures, Ariana Nur Akbar, Rabu (21/12/2011) di Jakarta.
Di sisi lain, emas oleh sebagian investor mungkin akan mendapat dukungan yang cukup tinggi, akibat investor yang akan melakukan aksi lindung nilai terhadap aset mereka, dengan melakukan pembelian emas. Mereka memperkirakan, dengan semakin memburuknya keadaan ekonomi global, yang diwakili oleh AS, Eropa (dengan krisis utangnya), dan China yang mulai mengalami perlambatan ekonomi, emas mungkin menjadi salah satu alternatif terbaik sebagaimana yang pernah terjadi tahun ini.
Emas sempat mencapai 1,920.30 dollar AS per troy ounce pada kuartal ketiga tahun ini. Hal yang sama diperkirakan terulang tahun depan. Menurut Ariana, tahun depan faktor pengendali harga emas terbesar akan bergantung pada upaya Uni Eropa dalam menyelesaikan krisis utangnya.
Secara teknis, berdasarkan kesimpulan yang ada saat ini, harga emas masih bergerak mixed dengan kisaran rendah-tinggi 1.568 dollar AS-1.743 dollar AS per troy ounce. Untuk pergerakan naiknya, emas mungkin akan berada di level support 1.568 dollar AS-1.609 dollar AS dan resisten 1.655 dollar AS-1.743 dollar AS per troy ounce.

0 comments:

Posting Komentar