Pages

Bisnis Online Membutuhkan Kesabaran

Menjalankan bisnis online membutuhkan kesabaran, bukan kesabaran jangka pendek, tetapi benar-benar kesabaran jangka panjang. Dalam menekuninya kita dituntut untuk mengatur waktu agar mendapat hasil yang maksimal. Lalu harus berapa lama kita menunggu hasil jerih payah kita? Apakah cukup dengan hitungan hari? Atau membutuhkan waktu yang lebih lama? Berikut pengalaman dari teman-teman para pencari dollar yang sudah berhasil dalam memperoleh penghasilan dari internet.


Dalam mencari penghasilan lewat internet memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kita tidak bisa mencapai sukses yang berkelanjutan hanya dalam waktu yang singkat. Semuanya perlu proses. Lalu berapa lama penghasilan akan mulai mengalir? Jawabannya, tergantung dari jenis usaha yang kita tekuni. Saya akan contohkan satu jenis bisnis yang banyak sekali peminatnya, tetapi hanya sedikit saja yang bisa berhasil menekuni dan mendapatkan penghasilan dari sana. Sebut saja Google Adsense (selanjutnya saya akan menyebutnya dengan Adsense). Untuk bisa berhasil dalam menjalankan bisnis ini dibutuhkan waktu dalam hitungan tahun

Baik, sekarang mari kita hitung secara logis. Kita mulai dulu dari persiapan. Untuk bisa mengikuti Adsense ini, kita diwajibkan untuk memiliki blog sendiri dengan konten yang original dan tentunya dengan bahasa yang sudah didukung, yaitu salah satunya bahasa Inggris. Sekarang coba hitung, untuk membuat blog dengan bahasa inggris hingga memiliki jumlah posting yang cukup dan bisa terindex dengan baik oleh google, berapa waktu yang diperlukan? Berdasarkan pengalaman saya, dalam membuat blog dari nol hingga dapat terindex dengan baik di google dibutuhkan waktu tidak kurang dari dua bulan.

Setelah blog selesai, kita daftarkan blog kita ke Google. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu minggu jika blog anda langsung diterima. Jika tidak, maka anda perlu memperbaikinya lagi dan tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Anggap saja anda gagal pada pengajuan yang pertama dan melakukan perbaikan sana-sini guna mendaftarkan kembali blog dikemudian hari. Hitung saja sampai dengan diterimanya anda sebagai publisher adsense dibutuhkan waktu dua bulan. Dari sini sudah empat bulan waktu yang dibutuhkan hanya untuk persiapan saja.

Selanjutnya, setelah anda diterima oleh adsense, apakah cukup diam saja dan dollar akan mengalir dengan sendirinya? Tidak semudah itu…. Anda harus mengoptimalkan blog anda guna menjaring visitor sebanyak mungkin disamping selalu melakukan update blog secara berkelanjutan untuk mempertahankan peringkat blog (page rank) anda di google. Jadi kemungkinan beberapa bulan ke depan anda belum bisa mendapatkan recehan dollar dari pemasang iklan di adword. Mungkin butuh waktu 6 bulan untuk bisa mulai mendapatkan recehan dollar tersebut. Bahkan mungkin saja sampai satu tahun, dan tidak menutup kemungkinan dua tahun juga bisa. Jadi intinya waktu yang diperlukan sampai dengan mengalirnya recehan anda tidak bisa diprediksi, tergantung kualitas konten dan blog anda. Semakin bagus akan semakin baik.

Baik, hitung saja satu tahun pertama anda sudah bisa mendapatkan recehan adsense tersebut. Selanjutnya yang harus dilakukan lagi adalah merequest pembayaran. Sampai sekarang Google hanya membayar publisher adsense menggunakan cek. Untuk meminta cek tersebut, terlebih dahulu google akan mengirim PIN ke alamat anda guna menjamin sampainya cek yang nantinya akan dikirim. Waktu yang dibutuhkan PIN tersebut hingga sampai kealamat kita yang ada di Indonesia sekitar satu bulan. Kemudian setelah PIN tersebut sampai, kita baru bisa merequest Cek dengan memasukan PIN tersebut. Selanjutnya PIN tersebut baru akan dikirimkan. Berapa lama waktunya? Pengiriman cek tersebut lamanya sama dengan proses pengiriman PIN, sekitar satu bulan. Setelah Cek sampai di tangan, tiba saatnya pencairan. Pencairan cek adsense juga tidak bisa secepat menabung atau transfer dana. Disamping bank yang bisa mencairkan cek adsense di Indonesia masih terbatas, waktu yang dibutuhkan juga lumayan lama, yaitu sekitar dua minggu hingga satu bulan. Jadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa mulai menikmati hasil kerja keras kita di internet? Khususnya adsense? Silahkan hitung sendiri.

Yang jelas untuk sukses di bisnis online membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan membutuhkan kesabaran. Jadi, jika anda belum berhasil dalam satu tahun, itu adalah hal yang wajar, dua tahun juga bukan waktu yang lama, tiga tahun adalah waktu yang wajar untuk dikatakan berhasil dalam bisnis online. Jangan terpaku dengan lamanya memperoleh sukses ketika mencari pengahasilan tambahan dari internet, tetapi jadikan sebagai media pembelajaran guna meningkatkan kualitas kita di bidang bisnis online.
Salam sukses selalu!

0 comments:

Posting Komentar